あくら: Review Man of Steel

Pages

Sunday 16 June 2013

Review Man of Steel



Saya rasa semua orang sudah tahu dengan tokoh superhero yang satu ini. Ya, dia adalah Superman. Kali ini saya akan membahas tentang film Superman terbaru yang diberi judul Man of Steel.
Awal kisah diceritakan Jor-El yang sedang membantu sang istri, Lara, dalam melakukan persalinan. Mereka memberi nama bayi mereka, Kal-El. Di saat yang sama, planet tempat mereka hidup yang bernama Krypton sedang dilanda ketidakstabilan. Oleh karena itu, orangtua Kal-El menaruh harapan besar pada sang anak.
Suatu saat, muncul Jenderal Zod beserta pengikutnya yang hendak membasmi orang-orang yang menurutnya tidak pantas untuk dipertahankan. Mereka menyerang para leluhur di depan Jor-El. Tetapi Jor-El tidak sepaham dengan cara berpikir Zod yang begitu brutal sehingga ia pun kabur ke bentengnya dan segera mempersiapkan peluncuran sang anak ke salah satu bintang yang ada di galaksi bersama istrinya. Akhirnya, mereka memutuskan untuk mengirim Kal-El ke bumi.
Saat peluncuran hendak dilakukan, Jor-El  meletakkan codex, sebuah alat yang merupakan sumber kehidupan planet Krypton yang ia curi sebelumnya, di kapsul peluncuran anaknya. Di saat peluncuran berhasil, Zod membunuh Jor-El di benteng Jor-El sendiri.
Bertahun-tahun kemudian, dikisahkan seorang anak bernama Clark Kent yang mengalami hal aneh. Penglihatan dan pendengaranya sangat tajam sehingga merusak fokusnya. Kemudian, di usia remajanya, ia dapat mendorong bis sekolahnya yang tenggelam ke dalam air. Beberapa temannya melihatnya, namun hal itu tetap sulit dipercaya oleh orang dewasa. Clark selalu dikucilkan oleh teman-temannya, bahkan hingga ia beranjak dewasa. Ia tidak pernah membalas perbuatan mereka dengan kekerasan karena ia selalu diingatkan oleh sang ayah, Jonathan Kent.
Suatu hari, sang ayah memberi tahu Clark bahwa ia menemukannya berada di sebuah kapsul yang jatuh tak jauh dari rumahnya. Hal ini ia lakukan karena Clark begitu tertekan dengan kondisi dirinya yang berbeda dengan orang-orang lainnya. Oleh karena itu, selanjutnya, Clark melakukan perjalanan seorang diri setelah sang ayah meninggal dunia akibat diterpa angin topan yang terjadi di depan matanya.
Hingga tiba saat ia dan seorang reporter peraih penghargaan Pulitzer, Lois Lane, di sebuah kamp penelitian di kutub. Mereka bertemu untuk pertama kalinya di sebuah pesawat asing yang terkubur di dalam es. Namun, Lois mengenal Clark sebagai Joe (nama samaran Clark).
Setelah kejadian itu, Lois mengadakan penyelidikan terhadapnya sedangkan Clark tetap di pesawat . Clark telah mengetahui semua tentang masa lalunya selama dia di sana. Teknologi di dalam pesawat memungkinkan Clark untuk bertemu sang ayah, Jor-El, meski Jor-El sendiri  sudah tiada. 
Lois menemukan nama asli Joe dan mengunjungi rumahnya. Ia mengunjungi makam Jonathan dan ternyata Clark pun berada di sana. Mereka mengadakan percakapan di sana. Percakapan ini lah yang membuat Lois berhenti menginginkan ‘superman’ untuk dipublikasikan.
Suatu hari, Zod muncul dan mengirim sinyal ke seluruh penduduk bumi melalui layar untuk menyerahkan salah satu orang dari bangsanya yaitu Kal-El. Jika tidak, bumi dalam bahaya. Clark melihatnya dan dilanda kebingungan. Akhirnya, ia memutuskna untuk menyerahkan diri. Tanpa disangka, Zod ingin membawa Lois juga. Namun Clark tidak dapat berbuat banyak. Dan ternyata udara di bumi dan di planet Krypton sangatlah berbeda dan itu membuat Clark kewalahan karena bagaimanapun juga ia dibesarkan di bumi.
Clark dan Lois dalam bahaya. Namun, akhirnya mereka dapat keluar dari pesawat berkat bayangan Jor-El. Pada dasarnya, pesawat yang digunakan Zod adalah pesawat rancangan Jor-El.
Selanjutnya, Zod dan pengikutnya memasang pos mereka di kedua kutub. Mereka mencoba menguasai bumi dan mengubahnya menjadi planet Krypton. . Bumi dalam bahaya. Tetapi, langkah mereka terhenti karena mereka tidak memiliki codex. Mereka tidak mengetahui bahwa partikel codex sudah berada di dalam sel-sel yang ada pada tubuh Clark. Manusia dan Clark bekerja sama untuk menghadapinya. Namun, hal itu menambah korban yang lebih banyak lagi di pihak manusia. Semuanya bergantung pada Clark, sang Superman.
Apakah upaya penyelamatan bumi dari Zod dan kawan-kawan oleh manusia dan superman akan berhasil? Bagaimanakah kisah akhirnya? Superman sudah tayang hari ini sejak 13 Juni lalu di bioskop-bioskop kesayangan anda. Di film ini, superman diperankan oleh aktor berkebangsaan Inggris yang bernama Henry Cavill, lalu ada Amy Adams sebagai Lois Lane, Russel Crowe, Michael Shannon, Diane Lane, dan masih banyak lagi. Kita juga akan melihat Laurence Fishburne sebagai Perry White, sang pemimpin Daily Planet di sini. Mari tonton!
Film arahan Zack Snyder ini sangat lengkap. Saya sampai bingung untuk membuat sinopsisnya. Begitu banyak cerita penting di film ini sehingga saya tidak tega menghilangkan beberapa di antaranya sebenarnya. Film ini sangat berbeda dengan film-film superman sebelumnya. Di sini lebih banyak adegan actionnya dan pergulatan emosi Clark yang begitu terasa. Terima kasih, Zack Snyder!
Saya rasa Henry Cavill sangat cocok memerankan Clark. Di sini, superman begitu terlihat berkharisma dan berwibawa. Berbeda dengan superman-superman sebelumnya yang terlihat culun. Dan kisah cintanya pun tidak begitu difokuskan karena yang difokuskan di sini adalah Kal-El sendiri. Di sini, tujuan superman begitu jelas artinya film ini sangat berkualitas karena mengajarkan aspek moral pada penonton. Dan ada beberapa cerita serta properti film yang berbeda dengan cerita yang sebelumnya sudah kita hafal dengan baik. Salah satu contohnya, jika sebelumnya kita tahu bahwa Lois dan Clark bertemu di Daily Planet, tempat mereka bekerja, namun di sini, mereka bertemu bahkan sebelum Clark bekerja di Daily Planet. Clark diceritakan baru bekerja di Daily Planet di akhir adegan. Untuk properti, selain kostum yang berbeda, planet Krypton yang kita kenal dengan nuansa kaca, di sini kita melihat benda metal di mana-mana. Wow!
Sejujurnya, sebagai seorang movie lover, saya sangat suka dengan film ini. Saya tidak pernah melepaskan pandangan saya saat menonton ini. Begitu menakjubkan! Baik dari segi cerita maupun dari segi adegan. Saya sulit untuk melupakan film ini. Mungkin saya akan memberikan nilai 5 stars from 5 untuk film ini.



 Inilah penampakan planet Krypton





Kostum-kostum penduduk planet Krypton

*Sebenarnya saya ingin nge-share cuplikan adegan yang saya suka. Tapi saya takut spoiler.. hehe :p







0 comments:

Post a Comment